WHO: ODHIV Harus Jaga Kesehatan, HIV bisa Tingkatkan Risiko COVID-19
ODHIV harus di prioritaskan untuk Vaksinasi COVID-19

By admin 05 Agu 2021, 08:54:29 WIB HIV
WHO: ODHIV Harus Jaga Kesehatan, HIV bisa Tingkatkan Risiko COVID-19

HIV AIDS & PIMS Indonesia, Jakarta World Health Organization (WHO) menegaskan bahwa HIV merupakan faktor risiko yang signifikan terhadap gejala COVID-19 yang lumayan parah ketika seseorang dirawat atau meninggal di rumah sakit.

Dalam laporan terbaru yang dirilis oleh WHO, hampir seperempat atau 23,1 persen dari semua orang dengan HIV/AIDS (ODHIV) yang dirawat di rumah sakit karena COVID-19, meninggal dunia.


Pada pengidap HIV/AIDS pria di atas 65 tahun, kondisi diabetes dan hipertensi terkait dengan peningkatan risiko COVID-19 yang lebih parah dan fatal.

Baca Lainnya :

Dua penyakit tersebut memang sudah diketahui sebagai salah satu faktor risiko dari gejala parah atau meninggal dunia akibat COVID-19.

Laporan WHO ini pun menyoroti perlunya ODHIV untuk menjaga kesehatannya, mengakses dan minum obat ARV secara teratur, serta mencegah dan mengelola penyakit penyerta.

Selain itu menurut mereka, ODHIV juga harus diprioritaskan dalam vaksinasi COVID-19 terlepas dari status kekebalan mereka. Jajak pendapat informal WHO mengungkapkan, bahwa dari 100 negara, 40 negara telah memprioritaskan ODHA untuk vaksinasi.

Dilansir dari laman resmi WHO pada Jumat (16/7/2021), laporan tersebut berdasarkan data surveilans klinis di 37 negara, tentang risiko COVID-19 yang buruk pada ODHIV yang dirawat di rumah sakit karena penyakit tersebut.

WHO menemukan, risiko mengembangkan COVID-19 parah atau fatal 30 persen lebih besar pada ODHIV, jika dibandingkan pada orang tanpa HIV. Beberapa kondisi penyerta yang umum di antara mereka adalah diabetes dan hipertensi. (SS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment